Pikirkan Petani Lokal, Ridwan Kamil Tolak Impor Beras

47

Bandung, todaystory.media- Impor beras sekarang sedang menjadi perbincangan yang hangat, hal ini disebabkan oleh wacana yang dikeluarkan pemerintah melalui menteri perdagangan dan menteri koordinator perekonomian.

Tak menunggu waktu lama, tanggapan pun muncul dari berbagai kalangan bukan hanya bersumber dari para petani, tak sependapat dengan wacana kedua kementrian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut bersuara.

Ridwan Kamil dalam keterangan pers nya yang dilansir dari CNN indonesia, mengatakan keberatan atau menolak tentang wacana impor yang akan dilakukan pemerintah diawal tahun 2021.

Kang Emil sapaan akrab Ridwal Kamil mengungkapkan, bahwa wacana impor beras yang akan dilakukan pemerintah sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

“ Wacana Impor beras sebaiknya ditunda, karena hal ini jelas akan berdampak terhadap harga beras lokal dan kebetulan dibeberapa wilayah akan dilakukan panen raya,” Ungkap RK, seperti yang dilansir dari CNN Indonesia. Rabu ( 17/03/2021)

Kang Emil menambahkan, Impor perlu dilakukan ketika stock beras dalam negeri mengalami kelangkaan, namun pada kenyataan nya sekarang stock beras melimpah apalagi dalam waktu dekat akan ada panen raya, hal ini akan berdampak terhadap kesejahteraan petani.

“ Saya tidak ingin impor beras bisa mengganggu kesejahteraan petani, oleh karena itu diperlukan manajemen waktu yang lebih tepat terkait wacana impor beras,” tutur RK dilansir dari CNN Indonesia.

Selain itu dirinya menyebutkan, penolakan Kang emil terhadap wacana impor beras merupakan hasil dari masukan para petani diwilayah Jawa Barat.

“ Gabungan Kelompok Tani ( Gapoktan ) di Kabupaten Cirebon berharap impor beras tidak dilakukan saat menjelang panen raya, petani Cirebon curhat awalnya bulog yang biasa membeli 120 ribu ton sekarang turun jadi 21 ribu ton,” ungkapnya. ( dilansir dari CNN Indonesia )

Terakhir Ridwan Kamil memberikan solusi, ketimbang melakukan impor beras lebih baik membeli beras dari petani Jawa Barat, yang kali ini memiliki stock 320 ribu ton, ini jumlah yang sangat banyak jadi lebih baik beli beras Jawa Barat.

Penulis : Gie

Dapatkan update terbaru dari kami

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.