Mengkudu Tanaman Obat Penjaga Daya Tahan Tubuh

149

Bandung, Todaystory.media- Dalam menghadapi Pandemi Covid 19  yang sampai saat ini masih terjadi khususnya di Indonesia. Tentunya sebagai manusia dengan tingkat aktivitas sosial yang tinggi menharuskan untuk tetap berprilaku sehat dan mencegah penularan Covid-19 dalam rutinitas menjalankan setiap aktivitas sehari-hari.

Pemerintah sampai saat ini, melalui team gugus tugas penanganan Covid-19 senantiasa memberikan himbauan terhadap masayarakat agar senatiasa menjaga kesehatan, pola hidup sehat, mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan sampai pentingnya menjaga daya tahan tubuh.

Dewasa ini, masyarakat tentunya ramai mencari obat-obat kimia untuk melindungi daya tahan tubuh agar terhindar dari penyebaran Covid-19,  Keadaan sekarang membuat setiap manusia berlomba-lomba mencari vitamin, antibiotik dan obat-obat lain sampai harga-harga obat kimia semakin melambung tinggi.

Namun disadari atau tidak, mungkin disekitar lingkungan kita terdapat berbagai macam jenis obat-obatan tradisional yang berasal dari tanaman-tanaman atau tumbuhan obat, buat yang belum mengetahui apa itu tumbuhan obat Today Story Media akan mengupas secara lengkap.

Apa sih tumbuhan obat itu?

Tumbuhan obat merupakan jenis tumbuhan yang memiliki khasiat untuk mencegah maupun mengobati suatu penyakit. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mendefinisikan obat herbal atau medicinal plants sebagai tanaman yang digunakan dengan tujuan pengobatan dan merupakan bahan asli dalam pembuatan obat herbal.

Lalu apakah tumbuhan obat termasuk ke dalam pengobatan tradisional?

Ya, tumbuhan obat termasuk ke dalam pengobatan tradisional karena tumbuhan obat menjadi bahan pertama yang diracik sebagai obat. Pengobatan tradisional adalah pengobatan yang cara pengolahannya menggunakan cara-cara tradisional dan memanfaatkan tumbuhan di lingkungan sekitar.

Untuk menghadapi situasi saat ini, teman bercerita today story harus senantiasa menjaga daya tahan tubuh agar sistem kekebalan tubuh tidak mudah terpapar penyebaran Covid-19. Perlu temen Today Story Media ketahui, ternyata ada beberapa jenis tumbuhan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita, salah satunya Mengkudu.

Apa dan seperti apa tumbuhan obat mengkudu, tumbuhan obat mengkudu merupakan sebuah jenis tumbuhan yang kaya akan senyawa aktif dan tentunya mengandung vitamin C.

“Mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita karena di dalam buah mengkudu terdapat beberapa senyawa aktif yaitu Senyawa terpenoid dan mengandung Vitamin C,”  ujar Ainani salah satu ahli tumbuhan obat di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Selain itu, dikutip dari kontan.co.id Salah satu manfaat buah mengkudu yaitu untuk meningkatkan imunitas tubuh kita karena buah mengkudu mengandung polisakarida yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengaktifkan kerja sel darah putih.

Meskipun memang  rasanya pahit buah mengkudu ini kaya sekali akan manfaat, sudah banyak yang mengetahui bahwa Vitamin C sendiri dikenal sebagai salah satu asupan yang paling baik untuk kekebalan tubuh kita Vitamin ini bekerja dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan.

Temen bercerita Today Story Media adapun cara mengolah tumbuhan obat mengkudu agar sehat dan higienis untuk dikonsumsi cenderung mudah.

“Cara mengolah buah mengkudu ini dengan mencuci bersih buah mengkudu, lalu pisahkan dengan semua biji buah mengkudu tersebut, lalu blender dan tambahkan sedikit madu agar bau tidak terlalu menyengat dan tidak terlalu pahit, dapat diminum sehari sekali” ujar Yani

Setelah mengatahui khasiat dari tumbuhan obat, teman bercerita Today Story yang baru mengetahu khasiat dari tumbuhan obat mengkudu yang ternyata ada dilingkungan sekitar, jangan lupa untuk memanfaatkanya agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dan tentunya tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak.

Penulis : Asri Mira ( Kontributor Kesehatan Tumbuhan Obat )

Dapatkan update terbaru dari kami

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.