Masa Emas Pemimpin Muda Indonesia

24

Today Story Media- Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang tinggi seperti yang dilansir dari, data BPS hasil sensus penduduk tahun 2020 yang mencapai 270,20 juta jiwa dengan komposisi populasi penduduk dari mulai. Gen Z, Milenial, Gen X, Baby Boomer dan Post Gen Z.

Sementara itu, yang paling menarik dari hasil data BPS Sensus Penduduk 2020 komposisi sebaran penduduk Indonesia pada saat ini, didominasi oleh penduduk yang berusia muda dengan jumlah persentasi komposisi penduduk diantaranya.

Komposisi penduduk Milenial dengan tahun usia lahir diperkirakan pada tahun 1981-1996 dengan persentasi komposisi penduduk 25,87 % dari total keseluruhan jumlah penduduk.

Komposisi penduduk Gen Z dengan tahun usia lahir diperkirakan pada tahun 1997-2012 dengan persentasi komposisi penduduk 25,87 % dari total keseluruhan jumlah penduduk.

Komposisi penduduk Gen X dengan tahun usia lahir diperkirakan pada tahun 1965-1980 dengan persentasi komposisi penduduk 21,88 % dari total keseluruhan jumlah penduduk.

Komposisi penduduk          Baby Boomer  dengan tahun usia lahir diperkirakan pada tahun 1946-1964 dengan persentasi komposisi penduduk 11,56 % dari total keseluruhan jumlah penduduk.

Komposisi penduduk Post Gen Z dengan tahun usia lahir diperkirakan pada tahun 2013-dst dengan persentasi komposisi penduduk 10,88 % dari total keseluruhan jumlah penduduk.

Data sebaran penduduk dan komposisi penduduk dilihat dari hasil sensus BPS tahun 2020 menunjukan dominasi usia muda sudah mendominasi, hal ini bisa dilihat dari jumlah penduduk milenial, Gen Z yang sudah dari setengah populasi penduduk di Indonesia.

Today Story melihat dari data diatas, bahwa sebaran dan komposisi penduduk Indonesia merupakan sebuah bukti Indonesia akan menuju bonus demografi Indonesia emas dengan barometer tingginya jumlah penduduk usia muda pada saat ini.

Era emas pemimpin muda Indonesia

Jika melihat dari komposisi penduduk Indonesia di tahun 2020 berdasarkan hasil sensus bps, menempatkan Indonesia dalam posisi bonus demografi karena sumbangan jumlah penduduk produktif muda sangat mendominasi.

Memasuki musim politik yang rencananya digelar serentak di tahun 2024 mendatang, banyak diprediksi sebagai panggung emas para pemimpin muda, hal ini bukan tanpa dasar dan alasan yang salah satunya dipicu oleh tingkat penduduk muda yang mendominasi. Selain itu, era emas para calon pemimpin muda didukung dengan arah demokrasi yang saat ini menempatkan saluran media sebagai acuan arah demokrasi.

Muda tak mungkin jauh dengan apa yang namanya media sosial, barometer ini yang menempatkan 2024 sebagai era emas para calon pemimpin muda untuk mendapatkan panggung politik yang didugung oleh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ( media sosial era ).

Pengaruh media sosial saat ini, sangat berpengaruh terhadap arah opini publik dengan mayoritas para pengguna dengan klasifikasi usia muda dan trend pemimpin muda sebagai lokomotif politik melalui media sosial sangat nyata terlihat.

Calon-calon pemimpin muda yang didukung dengan era emas usia muda dengan dominasi jumlah penduduk yang tinggi semakin hari semakin terlihat, warna dan budaya lama tentang dikucilkannya para calon pemimpin muda yang akan manggung di Indonesia dirasakan atau tidak akan berhenti di era emas calon pemimpin muda.

Pemuda saat ini bukan hanya disebut sebagai pemain pengganti atau bahkan penghias hingar bingah tahta kekuasaan  Indonesia, calon pemimpin muda hari ini mulai nampak terlihat diberbagai wilayah mereka nampak luar biasa menunjukan segala kemampuannya, pemimpin muda dengan karakteristik tanpa sekat, mulai cakap berkomunikasi dengan pemanfaatan berbagai platform media sosial.

Masa emas calon pemimpin muda, diprediksi akan memberikan warna dan corak kepemimpinan untuk Indonesia, hari ini dan menjelang musim politik kekuatan para calon pemimpin muda yang akan berpentas, tidak bisa dikatakan minim kekuatan, arah dan komposisi sudah berbeda dan era emas kali ini berada ditangan para pemuda.

Penulis : Gie

Dapatkan update terbaru dari kami

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.