GENERASI EMAS YANG TAK MENGHASILKAN ‘EMAS’

111

Bandung, TODAYSTORY.MEDIA.COM – Dalam sebuah tim sepakbola, akan dan harus selalu ada regenerasi, baik itu secara bertahap dengan menyisakan beberapa pemain senior atau memasukkan beberapa pemain muda untuk ikut bermain dengan tim senior, atau bahkan secara menyeluruh mengganti satu generasi pemain dengan generasi berikutnya.

Proses regenerasi harus diperhatikan baik-baik, karena bisa jadi akibatnya akan sangat buruk. Contoh saja pada salah satu klub raksasa Italia, AC Milan. Setelah mengunci Scudetto pada tahun 2011, Milan langsung merombak banyak pemain seniornya dengan tujuan regenerasi. Pemain-pemain senior mereka kala itu seperti Clarence Seedorf, Alessandro Nesta, Andrea Pirlo, Gennaro Gattuso, dan beberapa pemain seniornya mereka ‘buang’ dan diganti dengan pemain-pemain yang lebih muda. Namun regenerasi ini justru berjalan sangat buruk, hingga membuat prestasi mereka di tiap musim menurun bahkan membuat mereka tak masuk Liga Champions selama beberapa musim.

Namun banyak juga regenerasi yang terbilang cukup berhasil, contoh saja timnas Belgia saat ini. Setelah lama tak menunjukkan tajinya, timnas Belgia muncul dengan kekuatan baru berisikan pemain-pemain berkelas seperti Thibaut Courtois, Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Radja Nainggolan, Kevin de Bruyne, Eden Hazard dan Romelu Lukaku. Generasi ini bahkan disebut sebagai generasi emas timnas Belgia.

Generasi emas ini memulai debutnya pada Piala Dunia 2014 setelah mereka absen pada ajang tersebut sejak terakhir pada edisi 2002. Lalu berhasil lolos ke Piala Eropa 2016 setelah 3 edisi sebelumnya mereka absen, dan hingga kini Eden Hazard dkk selalu berpartisipasi dalam kompetisi antar negara, baik itu level benua, atau sampai level dunia.

Sejak kemunculannya, generasi emas ini mulai menjadi tim unggulan dan mulai banyak digemari. Bagaimana tidak, para pemain ini memang merupakan pemain-pemain hebat yang bermain di tim-tim besar, dan memiliki banyak penggemar. Kala itu Vincent Kompany (Manchester City), Thibaut Courtois (Chelsea), Jan Vertonghen (Tottenham), Radja Nainggolan (Inter Milan), Kevin de Bruyne (Manchester City), Eden Hazard (Chelsea) dan Romelu Lukaku (Chelsea).

Namun hingga kini, generasi emas ini pun belum juga memberikan gelar juara. Prestasi terbaik mereka hanyalah finis di posisi ketiga setelah menaklukkan Inggris di perebutan tempat tersebut. Dan sekarang generasi emas ini sudah kehabisan waktu, para pemain tersebut sudah mulai memasuki fase akhirnya sebagai pesepakbola profesional. Vincent Kompany sudah pensiun,dan para pemain lain sudah berkepala tiga. Kompetisi bergengsi yang dekat adalah Piala Dunia 2022, itupun jika tidak ada pengunduran jadwal seperti Euro saat ini.

Menarik ditunggu, apakah Belgia masih akan memakai generasi ini ? Atau kembali memunculkan generasi emas baru yang saat ini sedikit terlihat pada sosok Youri Tielemans dan Jeremy Doku ?

Penulis: Fajar (TS)

Editor: Doni Resa (TS)

Dapatkan update terbaru dari kami

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.